Cari
  • Chatbot Indonesia

Apa Perbedaan Landing Page dengan Website?

Kami banyak mendapatkan pertanyaan ini dan mudah untuk memahami alasannya. Lagi pula, apa yang bisa menjadi perbedaan nyata antara dua halaman yang sama-sama online?


Semuanya tergantung pada tujuan mereka dirancang. Perbedaan utama antara Website dan Landing Page adalah FOKUS. Fokus adalah mengapa Landing Page sangat efektif untuk pemasaran. Berbeda dengan Website yang dirancang untuk penjelajahan informasi tentang bisnis Anda, landing page dibuat dengan disesuaikan dengan kampanye atau penawaran tertentu dan memandu pengunjung menuju satu pesan aksi (Call to Action). Singkatnya, halaman landing dirancang untuk konversi.


Antara landing page dan website bisa diibaratkan sebuah toko. Jika website merupakan toko yang memperlihatkan produk secara umum atau keseluruhan, Sedangkan Landing page merupakan rak nya yang memperlihatkan produk yang spesifik ke klien.



Perbedaan Landing Page Website

Jadi bisa disimpulkan hubungan antara website dan landing page yaitu, Jika website merupakan laman keseluruhan yang ada, Sedangkan landing page merupakan bagian dari website namun Landing page merupakan laman khusus dan landing page hanya memiliki satu fungsi yang spesifik. Antara landing page dan Homepage memiliki karakteristik yang berbeda, Apa saja?


Ciri – Ciri Website (Homepage)

  1. Merupakan laman umum yang berisi semua informasi tentang website.

  2. Umumnya merupakan tampilan utama sebuah website.

  3. Adanya tombol navigasi yang menuju halaman penting di website.

Ciri – Ciri Landing Page

  1. Merupakan laman khusus yang spesifik.

  2. Memiliki Fungsi Khusus, Misalnya laman Produk, penawaran, dll.

  3. Laman yang mengkhususkan pengguna untuk lebih fokus pada satu produk dan lekas melakukan transaksi.

  4. Mengajak pengguna untuk melakukan aksi sesuai Call To Action yang dibuat seperti Formulir, Newsletter, Pembelian Produk, dll.

 

Agathos Initiative mampu membantu usaha Anda, kecil maupun besar dalam berjualan di dunia digital. Tim kami berpengalaman dalam membimbing usaha untuk melakukan transisi dari offline menuju online. Hubungi kami hari ini untuk menanyakan jasa kami. 😊


Bisa juga mengklik tombol Whatsapp dibawah untuk mulai berbicara dengan tim kami.

👇👇👇👇👇

 

Fokus Landing Page berlaku untuk beberapa elemen dalam pengalaman pengunjung:


  • Satu tujuan, atau ajakan bertindak

  • Gangguan minimal di halaman

  • pesan dan desain dicocokkan dengan kampanye atau iklan yang berjalan

  • audiens tertarget


Untuk apa sebuah Website?


Website sangat bagus untuk apa yang mereka lakukan, yaitu memberikan informasi umum dan mendorong pengunjung untuk menjelajah.

Sebagai gerbang utama ke situs web, beranda bertindak sebagai pengantar merek, produk, layanan, nilai bisnis, untuk siapa dan untuk apa, siapa yang harus dihubungi, apa saja. Ini dimaksudkan untuk menetapkan "kesan pertama", mencakup semua yang ditawarkan perusahaan, dan mengarahkan pengunjung untuk mempelajari lebih lanjut di seluruh bagian situs yang berbeda.

Website tidak efektif sebagai media pemasaran karena terdapat banyaknya link didalamnya sehingga pengunjung bisa melakukan banyak eksplorasi dan Eksplorasi = gangguan.


Dalam hal pemasaran, gangguan itu mengikis fokus kampanye Anda dengan pesan yang dilemahkan, tautan yang bersaing, dan opsi untuk menyimpang dari tujuan konversi tertentu.


Dengan kata lain, jika iklan dengan diskon 15% untuk dasi kupu-kupu hamster mengarahkan orang ke beranda Anda, kemungkinan mereka akan berakhir di halaman Tentang Kami alih-alih melakukan pembelian (dan membuang-buang belanja iklan) jauh lebih tinggi.


Sederhananya, homepage tidak dapat melakukan semuanya. Biarkan mereka fokus pada menginformasikan dan mengarahkan lalu lintas—dan Landing Page berfokus pada mengubah traffic menjadi konversi.


Mengapa Landing Page Mengkonversi Lebih Banyak Lalu Lintas


Kami telah berbicara tentang fokus sebagai faktor kunci dalam perbedaan antara beranda dan halaman arahan. Namun, mari kita bahas mengapa fokus tersebut sangat penting untuk mengubah lalu lintas menjadi penjualan, prospek, dan pelanggan.


Rata-rata, judul yang bagus atau desain halaman yang keren bukanlah hal yang membuat pengunjung mengklik tombol "Beli Sekarang". Ini adalah pengalaman keseluruhan dari klik iklan, email, atau media sosial pertama. Semakin disesuaikan dan, ya — fokus — pengalaman itu, semakin menarik.


Mari kita kembali ke contoh penjualan dasi. Jika Anda mendapatkan email yang mempromosikan diskon 15% untuk dasi kupu-kupu hamster, ekspektasi Anda sejalan dengan penawaran itu. Mengklik ke landing page yang didedikasikan untuk promosi yang tepat, dengan galeri desain dasi kupu-kupu, dan ajakan bertindak untuk membeli sebelum obral berakhir, tidak hanya memenuhi harapan tersebut tetapi juga memandu Anda langsung ke penawaran yang telah Anda minati di tempat pertama.


Sedangkan jika Anda diarahkan ke homepage Website, pengalaman itu akan langsung rusak dan memberikan Anda kesusahan untuk fokus dengan penawaran di antara semua informasi, tautan, dan ajakan bertindak lainnya. Momentum yang terputus dan kurangnya fokus membuat kemungkinan besar Anda akan mengabaikan tawaran karena kebingungan, frustrasi, atau gangguan sederhana.


Sekali lagi, ada beberapa elemen fokus yang memberikan kekuatan konversi pada Landing Page.


Gangguan minimal.


Seperti dibahas di atas, apa yang terdapat dalam Home Page Website Anda dapat mengganggu dalam konteks kampanye pemasaran. Navigasi situs web, tautan tambahan, informasi yang tidak terkait dengan penawaran Anda, dan beberapa ajakan bertindak yang berbeda untuk mendorong eksplorasi saling bersaing untuk mendapatkan perhatian dan menjauhkannya dari sasaran konversi Anda.


Anda tidak ingin memberikan distraksi kepada pengunjung untuk mengambil tindakan lain selain fokus kepada penawaran produk Anda. Anda ingin memandu mereka langsung ke penawaran Anda dengan halaman bebas kekacauan yang didedikasikan untuk penawaran itu saja.


Pengalaman yang disesuaikan.


Salah satu perbedaan terbesar antara Website dan Landing Page adalah kemampuannya untuk sepenuhnya menyesuaikan pengalaman pengunjung dari iklan, ke klik-tayang, hingga konversi. Jadi, Anda dapat menerapkan fokus yang diperlukan itu pada tingkat yang sangat terperinci.


Mengirim orang ke Landing Page yang disesuaikan agar cocok dengan iklan, email, atau posting media sosial — dengan pesan bertarget, desain, informasi yang disesuaikan, dan satu ajakan bertindak — memanfaatkan minat yang telah mereka ungkapkan dan memberi mereka pengalaman yang tepat.


Pengalaman yang terfokus dan mengalir itu menyisakan lebih sedikit ruang untuk gangguan/distraksi. Sehingga menciptakan lebih banyak peluang untuk memamerkan penawaran Anda, dan menunjukkan kepada pengunjung bahwa Anda menghargai waktu dan perhatian mereka dengan memberi mereka apa yang mereka inginkan. Yang menambahkan hingga pengalaman yang jauh lebih menarik secara keseluruhan. Dan bonus—semakin disesuaikan dan relevan halaman landing page Anda dengan iklan Anda, semakin banyak Google akan memberi Anda penghargaan melalui Skor Kualitas dan biaya per klik.


Penargetan audiens.


Pengalaman yang disesuaikan itu cocok untuk penargetan audiens yang lebih tepat juga. Satu halaman landing dapat diduplikasi, diubah, dan bahkan diuji A/B untuk berbicara dengan anggota audiens yang berbeda dan mengasah apa yang relevan bagi mereka.


Misalnya, jika Anda telah membuat halaman landing page yang mempromosikan penjualan sepatu lari, penawaran tersebut dapat dibedah lebih lanjut menurut segmen audiens dengan halaman landing yang berbeda untuk sepatu wanita, pria, atau anak-anak, jenis sepatu lari, merek, atau apa pun. audiens Anda mungkin mencari.


Kesimpulannya, Perbedaan antara Website dan Landing Page adalah fokus. Dan fokus itulah yang akan mengubah lebih banyak lalu lintas Anda menjadi penjualan, prospek, dan pelanggan.


Dapatkan Lebih Banyak Konversi Menggunakan Landing Page


Siap untuk memperkuat pemasaran Anda dengan Landing Page?


 

Agathos Initiative mampu membantu usaha Anda, kecil maupun besar dalam berjualan di dunia digital. Tim kami berpengalaman dalam membimbing usaha untuk melakukan transisi dari offline menuju online. Hubungi kami hari ini untuk menanyakan jasa kami. 😊


Bisa juga mengklik tombol Whatsapp dibawah untuk mulai berbicara dengan tim kami.

👇👇👇👇👇

 

#agathosinitiative #desainwebsite #jasawebsitemurah #jasawebsitejakarta #jasawebsitebandung #jasawebsiteindonesia #jasawebsitetangerang #jasawebsite #jasadesain #jasaweb #bisnisonline #bisnisanakmuda #jasadesainwebsite #jasadesainweb #websitemurah #landingpage #digitalmarketing #jasadigitalmarketing

7 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua